Sukses

Koin Tsunami untuk PM Tony Abbott Terkumpul 3 Karung

Menurut pemuda asal Aceh itu, hingga saat ini koin yang sudah berhasil dikumpulkan mencapai 3 karung tapi belum diketahui jumlah nominalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Spanduk bergambar wajah Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang tergelar di jalanan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, mencuri perhatian beberapa warga yang sedang menikmati suasana Car Free Day. Banyak warga yang berlalu lalang, mampir melempar uang koin di atas spanduk tersebut. Spanduk berukuran 1x2 meter itu digelar oleh sekelompok pemuda yang menyebut diri mereka Koalisi Pro Indonesia.

"Sejak Pak Abbott yang terhormat mengeluarkan statement yang menyakiti hati Pemerintah Indonesia secara umum dan warga Aceh khususnya, kami segera galang aksi koin untuk Abbott. Ini aksi kedelapan kami, setelah kami lakukan aksi di daerah-daerah," kata anggota Koalisi Pro Indonesia Ali di kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (1/3/2015).

Selain menggelar posko di acara mingguan Car Free Day, Koalisi Pro Indonesia juga memiliki posko nasional di Jalan Menteng Raya Jakarta Pusat.

Menurut pemuda asal Aceh itu, hingga saat ini koin yang sudah berhasil dikumpulkan mencapai 3 karung tapi belum diketahui jumlah nominalnya.

"Kami belum menghitung. Tapi sudah terkumpul tiga karung. Rencananya kami akan hitung dan kami berikan langsung kepada Kedubes Australia sehari sebelum eksekusi mati dua warganya," jelas Ali.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Tony Abbott meminta Pemerintah Indonesia membebaskan dua warga negaranya dari eksekusi mati. Keduanya ialah Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, anggota gembong narkoba Bali Nine. Dalam pernyataannya, Abbott mengungkit bantuan yang pernah diberikan negaranya sebesar 1 miliar dolar Australia untuk membantu Aceh yang diterjang tsunami pada 2004 lalu. Kontan, pernyataan Abbott itu diprotes keras oleh masyarakat Indonesia, khususnya warga Aceh. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini