Sukses

Banjir Kiriman, Kampung Pulo Kembali Terendam

Tergenangnya sebagian wilayah di Kampung Pulo akibat debit air Sungai Ciliwung yang meningkat sejak Sabtu malam pukul 23.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 6 RW di permukiman penduduk Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur kembali tergenang dengan ketinggian muka air 20-150 centimeter.

"Sebagian rumah penduduk di Kampung Pulo sudah ada yang tergenang, namun belum ada pengungsi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Denny Wahyu saat dihubungi di Jakarta, Minggu (1/3/2015).

Dia mengatakan tergenangnya sebagian wilayah di Kampung Pulo akibat debit air Sungai Ciliwung yang meningkat sejak Sabtu malam pukul 23.00 WIB.

Peningkatan tersebut berasal dari hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan Puncak sejak Sabtu sore sehingga ketinggian muka air di Bendungan Katulampa, Bogor pun meluap menjadi 150 cm atau Siaga III.

Namun demikian, menurut Denny, warga sudah melaksanakan prosedur tetap yang berjalan jika ada imbauan dari BPBD mengenai banjir kiriman.

"Warga yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Ciliwung di Jakarta Selatan dan Timur sudah melakukan protap 8 hingga 9 jam setelah kami beri imbauan tentang siaga permukaan air, jadi mereka sudah bisa memperkirakan sendiri," kata dia.

Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bogor sejak Sabtu pukul 15.00 WIB juga membuat Pintu Air Manggarai dan Karet waspada.

Di Pintu Air Manggarai, ketinggian air berada di 770 cm atau Siaga III sejak pukul 07.00 WIB, begitu juga dengan Pintu Air Karet dengan ketinggian 460 cm di Siaga III.

"Sebelum ada banjir kiriman, ketinggian air di Manggarai sekitar 630 cm kemudian ada peningkatan pada malam hari dan pada jam 7 pagi mencapai 770 cm," kata Koordinator Pintu Air Manggarai, Pardjono.

Pardjono mengatakan air sudah mulai surut, jika ada kemungkinan banjir kiriman saat Bogor dan sekitarnya diguyur hujan sedang pada siang sampai sore hari. (Ant/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.