Sukses

Bendungan Katulampa Siaga III, Warga Ciliwung Diminta Waspada

Kenaikan permukaan air Bendungan Katulampa karena wilayah Puncak diguyur hujan sejak sore hari.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore hari mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat terus naik mencapai ketinggian 100 cm atau status Siaga III.

Kepala Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung sempat bertahan di angka 30 centimeter pada pukul 10.00 WIB. Namun sekitar pukul 14.00 WIB ketinggian air naik kembali.

"Tinggi muka air (TMA) akhirnya terus meningkat pada pukul 16.00 WIB di angka 100 cm. Jika di angka 100 cm atau di level Siaga III tersebut diperkirakan volume air yang melewati bendungan tersebut sebanyak 138 ribu liter per detik," jelas Andi kepada Liputan6.com di Bendungan Katulampa, Bogor, Sabtu (28/2/2015).

Menurut Andi, kenaikan permukaan air Katulampa karena wilayah Puncak diguyur hujan sejak sore hari. Untuk ketinggian air di pos pemantauan, Jembatan Panus, Depok, terpantau 200 cm.

Ia pun terus berkomunikasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok. Terutama memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dan waspada dengan kondisi saat ini," imbau Andi Sudirman.

Hingga saat ini hujan dengan intensitas lebat masih mengguyur Puncak dan wilayah sekitarnya. Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, dimungkinkan volume air akan bertambah. (Ans/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini