Sukses

Ketokohan Amien Rais Pudar, Hatta Berpeluang Ketum PAN Lagi?

Sekarang ini semakin menguat kesadaran kolektif dan pengakuan dari para kader dan pengurus PAN tentang kualitas Hatta Rajasa.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik Said Salahuddin menilai, Hatta Rajasa kembali berpeluang melanjutkan kepemimpinannya sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Salah satu alasan Hatta kemungkinan kembali menang, adalah ketokohannya sudah mulai mengungguli pendiri partai Amien Rais.

"Saya kira Hatta Rajasa lebih berpeluang untuk kembali memimpin PAN dengan mengalahkan Zulkifli Hasan, dalam kongres partai tersebut. Mulai ada pergeseran patron di internal PAN, dari Amien Rais kepada Hatta Rajasa," kata Said kepada Liputan6.com, Sabtu (28/2/2015).

‎"Pamor Amien di PAN sekarang ini saya lihat trennya sudah mulai memudar. Kader PAN sekarang cenderung lebih menokohkan Hatta ketimbang Amien yang pada ajang kongres ini memberikan dukungan kepada Zulkifli Hasan,"‎ tambah Said.

Said menilai, sekarang ini semakin menguat kesadaran kolektif dan pengakuan dari para kader dan pengurus PAN tentang kualitas Hatta Rajasa, yang dipandang telah terbukti mampu meningkatkan pencapaian partai. Pencapaian itu bisa diukur setidaknya dalam beberapa hal.

"Pertama, dilihat dari keberhasilan Hatta dalam meningkatkan perolehan suara PAN dalam Pemilu Legislatif. Ke-2, keberhasilan Hatta menjadi calon wakil presiden, padahal di dalam Koalisi Merah Putih (KMP) posisi politik PAN berada di bawah Golkar, misalnya," ujar pengamat politik asal Universitas Indonesia itu.

Pencapaian ke-3, lanjut Said, adalah Hatta berhasil memperkuat pengaruh dan mempertebal kewibawaan PAN di mata partai politik lain, khususnya di dalam KMP. Bahkan, ketokohan Hatta semakin melambung, sehingga ia begitu dihormati dan disegani partai politik lain.

"Pencapaian ke-4 dan ke-5 adalah Hatta dipandang berhasil mendudukan kader PAN pada posisi politik yang penting dan strategis, yaitu untuk jabatan Wakil Ketua DPR RI, dan bahkan Ketua MPR yang dijabat Zulkifli Hasan. Di sini bahkan muncul anggapan bahwa kalau bukan karena keberhasilan Hatta, belum tentu Zulkifli Hasan bisa menduduki posisi di lembaga yang penting itu," tandas Said.

Kongres PAN ke-4 akan digelar di Nusa Dua, Bali mulai 28 September hingga 2 Maret 2015. Sejauh ini, PAN memiliki 2 calon ketua umum yakni petahana Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Sementara beberapa lembaga survei memprediksikan, persaingan dukungan Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan terjadi cukup ketat dalam kongres PAN. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.