Sukses

Buang Sampah Sembarangan, 133 Warga Digiring ke Pengadilan

Tidak hanya dikenai denda sebesar Rp 100 ribu, para pembuang sampah ini juga diancam hukuman lebih berat jika masih melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - 133 warga Jakarta Pusat menjalani sidang tindak pidana ringan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat 27 Februari siang.

Seperti ditayangakan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (27/2/2015), mereka tertangkap tangan setelah membuang sampah sembarangan dan langsung dikirim oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke pengadilan.

Tidak hanya dikenai denda sebesar Rp 100 ribu, para pembuang sampah sembarangan ini juga diancam hukuman lebih berat jika masih melakukan perbuatan  tersebut. Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede pun langsung mendatangi warganya yang selesai menjalani sidang. Menurut Mangara tindakan ini lebih efektif dibanding melakukan sosialisai tapi kurang membawa hasil.

"Kalau diedukasi hanya melalui sosialisasi rasanya kurang efektif. Kita lakukanlah penindakan-penindakan dengan tangkap tangan. Jadi ketika dia buang sampah, kita tangkap. Kemudian kita proses melalui persidangan tindak pidana ringan (Tipiring)," jelas Mangara.

Upaya Walikota Jakarta Pusat untuk mengatasi sampah patut diapresiasi, sebab banyak warga yang membuang sampah ke kali dan bahkan jalan raya. Akibatnya saat musim penghujan tiba ibukota sering dilanda banjir.

Beberapa waktu lalu di di GOR Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, 26 orang tertangkap tangan sedang membuang sampah sembarangan dan wajib menjalani persidangan. Rata-rata mereka dikenai sanksi berupa denda sebesar Rp 100 ribu karena membuang sampah tidak pada tempatnya atau di luar jadwal yang ditentukan. (Mar/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.