Sukses

Batu Raksasa Diduga Giok Ditemukan di Gorontalo

Bongkahan yang diduga giok ini pertama ditemukan oleh warga sekitar yang berprofesi sebagai penambang kapur.

Liputan6.com, Gorontalo - Bukan hanya masyarakat Aceh yang digemparkan dengan adanya penemuan batu giok. Hal yang sama juga terjadi di Gorontalo. Masyarakat di Keluarahan Donggala, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo juga digemparkan dengan adanya penemuan bongkahan batu raksasa yang disinyalir merupakan batu giok.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (28/2/2015), untuk menjangkau lokasi penemuan batu, masyarakat harus melewati jalan setapak sepanjang lebih dari 1 kilometer, dengan kondisi jalan menanjak tak rata akibat banyaknya bebatuan.

Namun jauhnya jarak penemuan batu tak menutupi keinginan warga untuk mendapatkan bongkahan batu yang diduga giok tersebut. Sejumlah warga terlihat membawa sejumlah peralatan seperti palu dan patok besi di lokasi.

Salah satu warga, Aswan mengaku tertarik untuk mendapatkan bongkahan tersebut. Namun jika ia berhasil memilikinya, ia tak akan menjual batu tersebut. Ia akan menjadikannya sebagai koleksi pribadi.

"Yah buat koleksi sendiri saja. Kasian kalau dipecah atau bikin cincin" ujar Aswan.

Bongkahan yang diduga giok ini pertama ditemukan oleh Rajak Karim, warga Kelurahan Donggala. Pria yang sehari-harinya berprofesi sebagai penambang batu kapur ini mengaku telah lama menemukan bongkahan batu tersebut. Namun ia yakin temuannya tersebut bernilai berharga setelah adanya tawaran Rp 1 juta dari seorang masyarakat.

"Sudah 1 bulan. Cuma saya tidak tahu. Nanti yakin pas ada Birman (tetangga) yang mau bayar Rp 1 juta, nah mulai dari situ sudah banyak yang ambil ini batu," jelas Rajak Karim.  

Meski bongkahan yang diduga giok tersebut diyakini merupakan batu berharga, hingga kini belum ada keterangan pasti dari ahli batu terkait benar atau tidaknya bongkahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini