Sukses

Jelang Eksekusi Mati, Ruang Isolasi Nusakambangan Direnovasi

Perbaikan lapas di Nusakambangan ini dilakukan dengan menambah sekat sehingga tercipta ruang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Ruang isolasi LP Besi Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, direnovasi. Perbaikan ini dilakukan dengan menambah sekat sehingga tercipta ruang baru.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Tengah Mirza Zulkarnain mengatakan, perbaikan ruang isolasi di Lembaga Pemasyarakatan Besi, Pulau Nusakambangan, Cilacap itu saat ini telah selesai.    

"Kemarin memang ada pembangunan sekat untuk ruangan yang akan dipakai tempat isolasi. Saat ini sudah selesai dikerjakan," kata Mirza saat dihubungi dari Semarang, Jawa Tengah, Jumat (27/2/2015).

Dia menuturkan, seluruh terpidana mati yang akan dieksekusi dikonsentrasikan ke salah satu lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan, yakni Lapas Besi.

"Jadi secara keseluruhan sudah siap," kata Mirza.

Sementara itu, dari penelusuran Liputan6.com, selain menyiapkan ruang isolasi, saat ini Lapangan Tembak Tunggal Panaluan yang berada di bekas Lapas Limus Buntu juga sedang dibangun gerbang dan pemasangan atap.

Dalam eksekusi 6 terpidana mati yang lalu, disebut-sebut bahwa lapangan tembak ini menjadi salah satu titik pelaksanaan eksekusi. (Ndy/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.