Sukses

Sosok Ini Dinilai Pantas Dampingi Rano Karno

Dia dinilai memiliki basis massa yang jelas sehingga mampu mengamankan Rano sampai masa akhir jabatannya selesai pada 2017 nanti.

Liputan6.com, Serang - Rano Karno yang akan menjadi Gubernur Banten definitif diharapkan memilih pendamping yang bisa mengamankan posisinya hingga 2017. Beberapa nama bermunculan sebagai pendampingnya menjadi wakil Gubernur Banten, salah satunya dari Gerindra, partai pengusung Ratu Atut-Rano Karno, sewaktu Pilkada Gubernur Banten 2012 silam.

"Saya rasa Gerindra sebagai salah satu partai pengusung Atut dan Rano bisa menjagokan ketua DPD Gerindra Banten (Budi Heriyadi)," kata Sekretaris DPD Gerindra Banten, Sofwan di Kota Serang, Jum'at (27/02/2015).

Menurut dia, Budi Heriyadi memiliki basis massa dan kekuatan politik yang jelas sehingga mampu mengamankan Rano sampai masa akhir jabatannya selesai pada 2017 nanti.

Selain itu, Sofwan mengatakan bahwa Budi Heriyadi memiliki kemampuan politik yang bisa menyelesaikan masalah jika sewaktu-waktu Banten dilanda 'gonjang-ganjing' lagi.

"Saran saya, jangan pilih dari birokrat. Birokrat cukup Sekda Sekretaris Daerah saja," terang dia.

Sofwan, pria berkaca mata ini mengatakan jika Gerindra menjadi pendamping Rano dengan kekuatan 10 kursi legislatif di tingkat DPRD Banten, merupakan hal yang realistis. "Golkar 15 kursi, PDIP 15 kursi, lalu Gerindra 10 kursi. Kita pemilik  kursi terbesar kedua," tegas Sofwan.

Sedangkan keluarga Ratu Atut Chosiyah mengaku belum terpikir menjadi pendamping Rano untuk mengisi posisi wakil gubernur Banten. "Saya siap, tapi jadi wakil rakyat," kata menantu Atut, Ade Rossi Khoerunnisa, saat ditemui di DPRD Banten, Jumat (27/02/2015).

Ade Rossi yang kini duduk sebagai sekretaris Komisi V DPRD Banten merasa cukup puas mengawal masalah pendidikan, sosial, hingga urusan kesehatan masyarakat.

Istri dari putra Ratu Atut, Andhika Hazrumy, ini menyatakan tak menutup kemungkinan bahwa Partai Golkar akan mengusung calon wakil Gubernur Banten untuk mendampingi Rano Karno. "Kita lihat sajalah, masih panjang ceritanya," ucap dia.

Nama lain yang menjadi rumor mendampingi Rano Karno adalah dari kalangan birokrat, Asmuji HW,  anggota DPR RI dari Partai Demokrat Wahidin Halim, hingga anak dari Ratu Atut bernama Andhika Hazrumy yang kini menjadi anggota DPR-RI dari Partai Golkar.

Rano Karno menyatakan belum mengetahui siapa yang akan menjadi pendampingnya sebagai wakil Gubernur Banten hingga masa jabatannya berakhir hingga 2017. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.