Sukses

Survei PDB: Ketua Umum PAN Terpilih Bila Manfaatkan Swing Voters

Kendati bukan berarti hasil survei PDB mutlak dan dipastikan ‎Zulkifli Hasan menang di Kongres PAN. Sebab margin of error sebesar 6,5%.

Liputan6.com, Jakarta - Survei Pusat Data Bersatu (PDB) menyimpulkan Zulkifli Hasan diprediksi memenangkan dari calon petahana Hatta Rajasa. Namun, siapa yang berhasil menggaet pemilih mengambang (swing voters) yang dipastikan terpilih sebagai Ketua Umum PAN.

"Kalau mempertimbangkan margin of error sebesar 6,5%, posisi keduanya sama. Kami simpulkan keduanya ada peluang sama, nggak bisa dibilang Zulhas unggul atas Hatta. Per 23 Februari posisi masih kuat. Seminggu terakhir penting dan peluang masih 50:50. Swing voters dan yang rahasiakan masih tinggi. Yang bisa manfaatkan ini yang jadi pemenang," kata peneliti PDB Agus Merta Sumarto di Jakarta, Jumat (27/2/2015).

Agus menjelaskan, pendukung Zulkifli Hasan lebih banyak berasal dari Indonesia Timur sebanyak 46,9%, diikuti pendukung dari Jawa 33,3% dan Sumatera 19,8%. Sementara pendukung Hatta Rajasa lebih banyak tersebar di Sumatera 47,6%, diikuti Indonesia Timur 31,7% dan 20,6%.

"Dalam kurang lebih seminggu kita tanya siapa yang bapak-ibu pilih di Kongres PAN. Menurut survei yang kami lakukan, Zulkifli Hasan dapat dukungan 36%, Hatta Rajasa 28%, belum ada pilihan 7,6%, calon lainnya 1,8%, dan belum jawab 26,6%. Awannya agak cenderung ke Zulhas (Zulkifli Hasan)," jelas Agus.

Survei ini dilakukan melalui wawancara via telepon, pada 18-23 Februari lalu, dengan target responden Ketua DPW dan Ketua DPD PAN se-Indonesia yang berjumlah 593 responden. Jumlah sampel yang digunakan adalah 225, dengan jumlah sebanyak itu penelitian memiliki margin of error 6,5%. Metode pengumpulan data ini menggunakan accidental sampling. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini