Sukses

ISIS Hancurkan Patung Zaman Kerajaan Assiria

Salah satu yang dihancurkan adalah patung banteng bersayap dari zaman Assiria yang dibuat pada Abad ke-9 Sebelum Masehi.

Liputan6.com, Baghdad - Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) merilis video yang memperlihatkan sejumlah anggota mereka menghancurkan artefak-artefak kuno di satu museum di Mosul, Irak utara.

Dalam video ini terlihat sejumlah pria merubuhkan patung-patung berukuran besar dan kemudian menghancurkan patung-patung ini dengan godam.

Salah satu yang dihancurkan adalah patung banteng bersayap dari zaman Assiria yang dibuat pada Abad ke-9 Sebelum Masehi.

Suara yang menyertai video ini menyebutkan bahwa patung-patung ini adalah 'berhala' yang harus dihancurkan sebagaimana ajaran yang mereka yakini.

Video berdurasi 5 menit ini diunggah ke akun-akun sosial media yang terkait dengan ISIS. Demikian yang dimuat BBC, Jumat (27/2/2015).

Sejumlah media melaporkan mengatakan meski belum bisa diverifikasi, video ini besar kemungkinan asli.

Sebelumnya ISIS menghancurkan beberapa tempat suci, termasuk tempat suci bagi umat Islam, dalam upaya untuk mencegah bidah atau praktik yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Beberapa kalangan juga meyakini ISIS menjual artefak-artefak kuno dengan nilai sejarah tinggi di pasar gelap untuk mendanai operasional mereka.

Mosul -kota terbesar kedua di Irak- dan Provinsi Nineveh jatuh ke tangan ISIS Juni 2014 setelah pasukan keamanan Irak gagal mempertahankan kawasan-kawasan tersebut. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini