Sukses

CSIS-Cyrus: Besan SBY dan Amien Rais Bersaing di Kongres PAN

Hasan menjelaskan‎, bila Hatta yang menang dan kembali jadi ketua umum, akan memberikan keuntungan bagi SBY.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) IV akan digelar 28 Februari sampai 2 Maret mendatang di Bali untuk mencari Ketua Umum PAN yang baru. Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi menilai kongres tersebut akan menjadi 'perang antarbesan'.

‎Kandidat inkumben Hatta Rajasa merupakan besan dari mantan Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Sementara, kandidat Zulkifli Hasan merupakan besan dari Ketua MPP PAN Amien Rais.

"Ini politik besan yang menarik, besan SBY atau besan Amien Rais? Kita tunggu siapa yang menang," kata Hasan Nasbi, di Kantor CSIS, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Hasan menjelaskan‎, bila Hatta yang menang dan kembali jadi ketua umum, akan memberikan keuntungan bagi SBY. Kondisi di DPR, Partai Demokrat memiliki 61 kursi, sementara PAN 49 kursi, bila keduanya bergabung maka akan jadi kekuatan 110 kursi.

‎"Kalau Hatta dihitung sebagai besan SBY yang memiliki visi-misi dan jalan yang sama, maka 49 kursi milik PAN akan jadi milik SBY. Dia jadi punya kendali 110 kursi, melebihi PDIP yang 109 kursi di DPR," terang Hasan.

Ia melanjutkan, bukan tanpa alasan SBY yang mampu mengendalikan kekuatan di parlemen tersebut. Figur SBY yang pernah jadi mantan presiden cukup berpengaruh.

"‎Ini akrobat politik yang lihai dan licin, SBY akan diperhitungkan di politik nasional. Secara pamor dan kharisma, SBY mantan presiden sedangkan Hatta itu mantan menteri‎," imbuh dia.

Sementara dalam pertarungan kongres, menurut dia Hatta sulit dikalahkan. Sebab, dari dukungan Amien Rais dan Soetrisno Bachir untuk Zulkifli Hasan, Hatta Rajasa masih di atas angin.

"Kekuatan pengaruh Amien Rais jadi berkurang. (Zulkifli Hasan) Dibantu Soetrisno Bachir pun Hatta masih tinggi. Dari sisi organisasi, Hatta terbilang sukses‎," tegas Hasan.

Peneliti CSIS Arya Fernandes menambahkan, Hatta mendapat dukungan sementara yang paling tinggi, karena mampu berkomunikasi ke kader-kadernya ‎dengan baik. "Dari indeks komunikasi figur oleh DPD dan DPW, menunjukkan Pak Hatta Rajasa dipersepsikan para elite kualitas komunikasinya lebih bagus daripada Zulhas," tandas Arya.

‎Dari sensus yang dilakukan CSIS-Cyrus Network, dukungan terkuat sementara dalam Kongres PAN 28 Februari sampai 2 Maret mendatang adalah Hatta Rajasa dengan dukungan 42,77 persen, sementara Zulkifli Hasan 38,64 persen.

Dukungan sementara merupakan hasil wawancara tatap muka terhadap 28 Ketua DPW PAN dan 484 Ketua DPW PAN se-Indonesia. Sensus ini berlangsung serentak pada 16-19 Februari 2015, dengan melibatkan 500 peneliti. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.