Sukses

Jokowi Panggil 3 Kepala Daerah ke Istana Bicarakan Macet

Presiden Jokowi sore ini melakukan rapat terbatas membahas mengenai kelanjutan pembangunan sarana transportasi publik di 3 kota besar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi sore ini melakukan rapat terbatas membahas mengenai kelanjutan pembangunan sarana transportasi publik di 3 kota besar, seperti Bandung, Surabaya, dan DKI Jakarta. ‎Jokowi berharap, tiap rencana dan proyek transportasi yang pembangunannya terhambat dilanjutkan pembangunannya.

"‎Sore ini kita akan berbicara dan segera memutuskan mengenai transportasi massa di kota-kota besar kita, utamanya di Jakarta dengan daerah sekitar, baik di Bekasi, Bogor, Tangerang, Depok, dan kota besar lain seperti Surabaya dan Bandung," ujar Jokowi mengawali rapat tersebut.

Jokowi menilai, selama ini telah banyak rencana pembangunan transportasi publik di tiga kota besar tersebut. Namun hanya menjadi sekadar wacana ataupun mandek di tengah jalan.

"Yang kita lihat dalam kesehariannya banyak mengalami kemacetan, banyak recana-rencana yang diberikan ke saya, banyak di Jakarta, di Bandung, Surabaya sudah ada rencana tetapi tidak segera diputuskan sehingga kita terlambat dalam hal antisipasi kemacetan," tutur dia.

Jokowi pun mencontohkan, salah satu program pembangunan transportasi massal yang sempat terhambat dan pembangunannya terhenti dalam waktu yang cukup lama. Seperti pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang telah dirancang sejak puluhan tahun lalu, namun baru dimulai pembangunannya pada 2014 lalu.

"Seperti MRT 24 tahun tidak diputuskan, kemudian, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, saya yakin rencana sudah ada. Kalau ini tidak segera diputus kita hanya rencana tetapi  barangnya tidak akan pernah lihat," kata Jokowi.
 
Selain Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, rapat juga dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Selain 3 kepala daerah tersebut, juga tampak Wakapolda Komjen Badrodin Haiti, Dirut PT KAI, perwakilan dari PT MRT Jakarta, dan beberapa perwakilan dari pihak swasta.

"Saya ingin beberapa yang ada di sini menyampaikan secara singkat soal transportasi massa yang ingin kita bangun dan kita harapkan dalam waktu secepat-cepatnya kita putuskan," ujar dia.

"Dan tentu saja kerja sama pusat dan kita harapkan betul-betul ini adalah visi untuk mempersiapkan transporasi bagi masyarakat," tandas Jokowi. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Macet

Video Terkini