Sukses

Dugaan Pelanggaran Etik Hakim Sarpin, KY Periksa 5 Orang

Hakim Sarpin dilaporkan Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi terkait dengan putusannya yang memenangkan Komjen Pol Budi Gunawan.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Panel Komisi Yudisial (KY)‎ memeriksa 5 orang terkait laporan dugaan pelanggaran kode etik Hakim Sarpin Rizaldi.

Sarpin dilaporkan Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi beberapa waktu lalu terkait dengan putusannya yang memenangkan Komjen Pol Budi Gunawan dalam perkara praperadilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

‎"Ada 5 orang yang dipanggil hari ini, kami akan diperiksa terkait laporan hakim Sarpin,"  ujar koordinator Koalisi Masyarakat Sipil, Erwin Natosmal Oemar di gedung KY, Jakarta, Rabu (25/2/2015).
‎
Dia mengatakan, pihaknya akan menjelaskan kesalahan Hakim Sarpin dalam memutus praperadilan Komjen Budi Gunawan (BG) dalam pemeriksaan ini.

"Kami akan menyampaikan salah tafsir yang dilakukan Hakim Sarpin yang salah kutip keterangan saksi ahli KPK," ucap  dia.

Selain Koalisi Masyarakat Sipil, Guru Besar Universitas Parahyangan Arief Sidharta juga diperiksa oleh KY. Arief sendiri sudah tiba di gedung KY sejak pukul 14.00 WIB. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini