Sukses

Fadli Zon: Kadang KPK Bertindak di Luar Tugasnya

Fadli Zon menekankan KPK harus diisi oleh orang-orang yang jauh dari kepentingan politik.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai sebagai lembaga ad hoc, sistem dalam Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu diperbaiki. Terlebih, menurut dia, saat ini KPK mendapat tempat khusus di hati masyarakat dalam memberantas korupsi.

Fadli menambahkan, hal tersebut lantaran beberapa orang yang sudah menjadi tersangka oleh KPK belum ada tindak lanjut kapan yang bersangkutan akan ditahan. Sehingga menimbulkan pandangan kalau KPK sedang menggantungkan nasib para tersangkanya.

"Kadang KPK bertindak di luar tugasnya. Penetapan tersangka misalnya, ada yang setahun tidak diapa-apakan. Ada yang sudah empat tahun juga dibiarkan saja," ujar Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Untuk itu, politisi Partai Gerindra itu menekankan lembaga anti-rasuah ini harus diisi oleh orang-orang yang jauh dari kepentingan politik. Sehingga dia menambahkan KPK bisa bebas nilai dan objektif dalam menjalankan tugas.

Fadli menyatakan hal tersebut, melihat contoh mantan Ketua KPK Abraham Samad yang diduga terlibat politik saat perhelatan Pemilu Presiden ‎(Pilpres) 2014 yang lalu, dimana Samad bertemu dengan beberapa elit PDI Perjuangan salah satunya di Apartemen The Capitol Residence, kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

"Institusi KPK harus diisi oleh orang besar yang tidak punya kepentingan politik," tandas Fadli. (Tya/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
    Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

    Fadli Zon

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK