Sukses

Padamkan Api di Sawah Besar, 2 Petugas Damkar Dipukul Warga

Saat petugas damkar menaiki tangga untuk memadamkan api di RW 01, petugas tersebut terjatuh karena tak sengaja memegang besi panas.

Liputan6.com, Jakarta - 2 Petugas pemadam kebakaran mengalami luka akibat dipukul warga saat berusaha memadamkan api di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Menurut Kasudin Damkar dan PB Jakarta Pusat Idris Gaharina, keduanya bernama Thamrin dan Iip Wahyudin.

"Ada 2 petugas Damkar luka karena pemukulan. Dipukul warga tadi," ungkap Idris kepada Liputan6.com di lokasi kejadian, Senin (23/5/2015).

Ia bercerita bahwa saat petugas damkar menaiki tangga untuk memadamkan api di RW 01, petugas tersebut terjatuh karena tak sengaja memegang besi panas. Saat itulah, warga kemudian memukulnya dengan balok kayu.

Untungnya, kericuhan itu bisa dilerai. Kedua petugas tersebut kemudian ditangani oleh tim medis. Menurut Idris, Thamrin tak mengalami luka parah dan bisa kembali bekerja. Sementara Iip dibawa ke RSUD Tarakan untuk diperiksa.

"Thamrin sudah kerja lagi tadi. Kalau Iip masih di Tarakan. Warga mungkin emosi, kan kondisinya lagi panik," jelas Idris.

Tak hanya itu, seorang petugas bernama Yudi Kurniawan juga terluka. Namun bukan karena pemukulan, melainkan kakinya terkena paku dari balok-balok kayu yang roboh akibat dilalap api sedari sore.

"Bukan cuma petugas ya. Warga juga banyak yang luka-luka kena balok-balok kayu. Paku," jelas dia.

Sementara itu, menurut warga RT 2 RW 1 Kelurahan Karanganyar, Anwar (73), ada warga yang kepalanya bocor karena tertimpa balok kayu dari rumah yang ambruk karena terbakar.

"Namanya Budi. Warga RT 1 RW 1. Bocor kepalanya. Yang bagian belakang. Tadi kena kayu-kayu. Kan rumah pada roboh tuh kena api. Udah dibawa ke ambulans tadi," ungkap Anwar.

Kebakaran semula dilaporkan pukul 16.00 WIB. Diduga api berasal dari sebuah rumah kontrakan yang berada di RT 04 RW 01 di gang 1. Kemudian menjalar ke rumah-rumah sekitar hingga gang 5.

Ada sekitar 390 rumah di 13 RT yang hangus dilalap api. Sebanyak 40 unit mobil damkar diturunkan untuk memadamkan api. Bara api masih menyala di beberapa rumah warga. Petugas damkar juga tengah melakukan pendinginan dan pemadaman. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini