Sukses

Masuki Suriah Utara, Tentara Turki Pindahkan Makam Syah Suleyman

Turki telah memberitahu konsulat Suriah di Istanbul tentang operasi itu, tetapi tidak menunggu persetujuan dari pemerintah Suriah.

Liputan6.com, Ankara - Ratusan pasukan Turki dengan menggunakan kendaraan lapis baja memasuki wilayah Suriah utara yang sedang konflik, untuk memindahkan makam bersejarah Ottoman dan mengungsikan pengawalnya yang terkepung.

Makam rusak dan sisa-sisa Syah Suleyman --yang meninggal pada abad ke 13-- dipindahkan ke sebuah tempat di Suriah yang lebih dekat ke perbatasan Turki. Demikian dilansir BBC, Senin (23/2/2015).

Pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad --yang kehilangan kekuasaan pada banyak wilayah Suriah utara karena perang saudara-- mengecam operasi yang dilakukan Turki sebagai penyerangan terang-terangan.

Turki sendiri dilaporkan telah memberitahu konsulat Suriah di Istanbul tentang operasi itu, tetapi tidak menunggu persetujuan dari pemerintah Suriah.

Syah Suleyman yang hidup pada sekitar tahun 1178 sampai 1236 adalah kakek dari pendiri kerajaan Ottoman, Osman I. Kelompok ekstremis ISIS sebelumnya sempat mengatakan bakal menyerang makam itu tahun lalu. Hal inilah yang diduga menjadi alasan Turki untuk segera memindahkan makam tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintah dan angkatan bersenjatanya telah melakukan operasi sukses yang melebihi semua bentuk penghargaan. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.