Sukses

Ribuan Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung Segera Dipulangkan

Para pengungsi tersebut, menurut dia, sudah hampir 1 tahun lamanya tinggal di 7 titik penampungan di daerah Berastagi dan Kabanjahe.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 2.443 jiwa atau 795 kepala keluarga (KK) pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, segera dipulangkan ke kampung asal mereka masing-masing.

"Warga pengungsi yang dikembalikan itu berasal dari Desa Sigarang-garang dan Desa Sukanalu, Kecamatan Namanteran," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Subur Tambun, saat dihubungi, Minggu (22/2/2015).

Para pengungsi tersebut, menurut dia, sudah hampir 1 tahun lamanya tinggal di 7 titik penampungan di daerah Berastagi dan Kabanjahe.

"7 Lokasi penampungan tersebut, yakni Berastagi, gedung Klasis GBKP Berastagi, gedung KWK Berastagi, GBKP JaLan Kutacane Kabanjahe, Kampus 2 dan Kampus 3 Universitas Karo Kabanjahe dan Gedung Serbaguna Kabanjahe," ujar dia.

Subur menyebutkan, pengungsi yang dikembalikan itu, memang lokasi mereka di luar areal zona merah atau 5 km dari lokasi Gunung Sinabung. Selain itu, aktivitas Gunung Sinabung juga sudah turun menjadi Siaga III dan tidak lagi membahayakan bagi pengungsi.

"Keputusan pemulangan pengungsi itu merupakan hasil rapat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemkab Karo, dan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) tanggap darurat Gunung Sinabung," katanya.

Dia menjelaskan, pemulangan pengungsi tersebut sudah beberapa kali mengalami penundaan, dan diharapkan akan secepatnya dilaksanakan.

"Pemkab Karo juga sudah mempersiapkan angkutan berupa bus maupun truk untuk membawa ribuan orang pengungsi erupsi Gunung Sinabung dari lokasi penampungan," kata Kepala BPBD Karo. (Ant/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.