Sukses

Soetrisno Bachir: Saya Siap Gantikan Amien Rais

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar, mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir akhirnya 'turun gunung'. Ia memilih kembali ke partai berlambang matahari setelah 5 tahun absen dari hiruk pikuk politik.

"Ini memang satu proses yang panjang di mana saya selama 5 tahun tidak muncul di dunia kepartaian. Saya waktu itu menyingkir dari hiruk pikuk politik yang saya anggap tidak sesuai dengan hati nurani saya," ujar Soetrisno Bachir saat ditemui Liputan6.com di Jalan Simprug Golf I, Senayan, Jakarta, Sabtu (21/2/2015).

Menurut Soetrisno, ia memutuskan kembali ke partai setelah sejumlah kader yang mempunyai ikatan emosional dengan dirinya berkunjung. Disusul kemudian kunjungan sejumlah pengurus partai.

"Yang terakhir adalah kunjungan Pak Zulkifli Hasan sebagai calon ketua umum PAN dan Pak Amien Rais sebagai Ketua MPP (Majelis Pertimbangan Partai) PAN," imbuh politisi sekaligus pengusaha yang akrab disapa dengan panggilan Pak Tris tersebut.

Dalam perbincangan dengan Liputan6.com, pria kelahiran Pekalongan, 10 April 1957 ini memaparkan pula mengenai langkah-langkah PAN ke depan, termasuk masalah suksesi kepemimpinan di partai tersebut. Apalagi, PAN bakal menggelar kongres di Bali pada 28 Februari hingga 2 Maret mendatang.

Soetrisno Bachir bahkan menyatakan siap menggantikan Amien Rais sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN. Ia pun mengakui hubungan dengan Amien Rais kini lebih emosional.

Selengkapnya simak wawancara khusus dengan Soetrisno Bachir dalam video yang terbagi dalam 3 bagian di bawah ini:

(Ans)