Sukses

Gedung Tertinggi di Dubai Kebakaran, Ratusan Orang Dievakuasi

Seorang saksi mata mengatakan, api menjulur dari atas ke bawah begitu cepat "seperti kapal Titanic tenggelam".

Liputan6.com, Dubai - Kebakaran melanda salah satu gedung tertinggi di dunia yang terletak di Distrik Marina, Dubai, Uni Emirat Arab. Ratusan orang di dalamnya dievakuasi.

Seperti dilaporkan Al-Jazeera, api mulai menyulut unit Apartemen Torch di lantai 86 pada Sabtu (21/2/2015) dini hari, sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat.

Seorang saksi mata mengatakan, api kemudian menjulur dari atas ke bawah begitu cepat. "Api cepat menyebar ke bawah seperti kapal Titanic tenggelam," ujar dia.

Namun demikian, petugas pemadam kebakaran sigap dan cepat memadamkan api dan mengevakuasi para penghuni apartemen. Si jago merah pada akhirnya berhasil dijinakkan beberapa menit kemudian.

Aparat setempat memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini. Namun, penyebab kebakaran di gedung setinggi 336 meter itu belum diketahui secara pasti.

Polisi memblokir jalan di sekitar apartemen Torch untuk sementara. Sejumlah penghuni yang sempat menyelamatkan diri kini telah kembali ke unit apartemen masing-masing.

Steve Short, salah satu penghuni asal Liverpool, Inggris mengapresiasi kerja petugas pemadam kebakaran yang cepat memadakamkan api dan menolongnya. Jika tidak, gedung pencakar langit itu bisa habis dilalap api.

Hal senada juga disampaikan RJ Morlock, penguni asal Houston, Amerika Serikat. "Saat itu situasi sangat genting, tapi petugas berhasil mengevakuasi kami dengan baik," ujar dia.

Sebelumnya, ratusan foto beredar di sosial media menggambarkan asap yang mengepul dari bangunan tertinggi di dunia Burj Khalifa, Dubai Minggu malam 1 Februari 2015. Namun ternyata, kabar bangunan setinggi 829 meter itu terbakar tidak benar. (Riz/Mvi)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.