Sukses

Ketua KPK Sementara Ruki Temui Calon Kapolri Badrodin Haiti

Ruki mengatakan koordinasi dengan Badrodin itu untuk membahas hubungan baki antara KPK dan Polri.

Liputan6.com, Jakarta Taufiequrachman Ruki akan langsung melakukan koordinasi dengan calon Kepala Polri Komisaris Jenderal Pol Badrodin Haiti usai dilantik menjadi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sementara. Ruki bersama Indriyanto Seno Adji dan Johan Budi SP dilantik tadi pagi oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Abraham Samad dan Bambang Widjojanto yang diberhentikan sementara karena menjadi tersangka.

‎"Saya ditemani satu atau dua komisioner akan ketemu Kapolri jam 17.00 WIB," kata Ruki dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kungingan, Jakarta Selatan, Jumat (20/2/2015).

Ruki mengatakan koordinasi dengan Badrodin itu untuk membahas hubungan baki antara KPK dan Polri. Di mana diketahui, hubungan kedua institusi itu ‎belakangan tidak harmonis, bahkan cenderung memanas.

"Ketemu, terutama (bahas) hubungan KPK dan Kapolri dan kasus-kasus yang berkaitan dengan KPK dan Polri‎," ucap Ketua KPK jilid I ini.

Namun, dia membantah, koordinasi dengan Badrodin untuk membahas khusus kasus per kasus yang melilit para petinggi kedua institusi. Baik kasus yang menjerat Komjen Pol Budi Gunawan maupun kasus yang menjerat para komisioner KPK lainnya.

"Jangan langsung masuk ke kasus, belum saya baca. Kita koordinasikan berbagai masalah kepada Kepolisian, termasuk bagaimana tangani kasus, membangun kekuatan," ujar Ruki.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Johan Budi Sapto Prabowo, Taufiequrachman Ruki, dan Indriyanto Seno Aji sebagai pimpinan sementara KPK.

Pelantikan digelar hari ini tepat pukul 08.00 WIB di Istana Negara, Jakarta. Dengan setelan jas, ketiganya mengucapkan sumpah. Usai pembacaan sumpah, Jokowi kemudian menandatangani surat pengangkatan ketiganya. Dan tak lupa menyalami Johan Budi, Ruki, dan Indriyanto. (Tya/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.