Sukses


Ketua MPR Prihatin Lihat Sikap Kebangsaan Anak Muda Mulai Pudar

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berkunjung ke tanah Ambon, Maluku, untuk silaturahmi kebangsaan dengan tokoh masyarakat Maluku.

Liputan6.com, Ambon Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berkunjung ke tanah Ambon, Maluku, untuk memberikan pembekalan dalam silaturahmi kebangsaan dengan tokoh masyarakat Maluku. Dia mengaku prihatin dengan sikap anak muda saat ini yang tidak sesuai dengan sikap kebangsaan.

"Kita mulai kehilangan ruh kebangsaan kita. Coba lihat sikap anak muda mulai pudar. Kepatutan dan etika, sopan santun mulai pudar," kata Zulkifli Hasan di Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku, Jumat (20/2/2015).

Kondisi saat ini dengan zaman orde baru memang berbeda, lanjut dia. Perbedaan ini juga berdampak pada lunturnya nilai kebangsaan, khususnya di kalangan anak muda di Indonesia. Karena itu, penyampaian dan implementasi 4 pilar kebangsaan menjadi penting saat ini.

"Yang paling penting Indonesia mengajak pemda, gubernur dan seluruh aparaturnya juga para bupati untuk terus menerus memasyarakatkan 4 konstitusi dasar kita agar janji-janji kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Agar janji-janji kebangsaan dapat kita implementasikan dan wujudkan sehari-sehari," ungkap politisi PAN itu.

Mantan Menteri Kehutanan ini ingin Indonesia kembali memiliki lembaga khusus untuk membangun dan menjaga sikap kebangsaan rakyat Indonesia. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan rasa kebangsaan melalui pembelajaran kewarganegaraan.

"Ini yang saya bicrakan dengan presiden agar ada lembaga yang khusus menangani pembangunan karakter bangsa kita agar kita jadi bangsa yang kuat," tandas Zulkifli. (Tya/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini