Sukses

Jusuf Kalla: Tidak Ada Kompensasi untuk Budi Gunawan

JK menegaskan, surat penunjukan Badrodin Haiti tersebut telah dikirimkan ke DPR pada Rabu 18 Februari 2015 kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengusulkan Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti menjadi calon kapolri dan membatalkan pelantikan calon kapolri Komjen Pol Budi Gunawan. Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyatakan, tidak ada opsi atau kompensasi untuk Budi Gunawan.

JK hanya mengatakan akan menyatakan akan mempertimbangan Budi Gunawan yang diisukan akan masuk menjadi menteri.

"Itu nanti, nanti dipertimbangkan. Tidak ada itu (kompensasi untuk BG)," kata Jusuf Kalla usai menghadiri Mukernas I PPP di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (19/2/2015).

JK menegaskan, surat penunjukan Badrodin Haiti tersebut telah dikirimkan ke DPR pada Rabu 18 Februari 2015 kemarin. "Sudah, sudah itu dikirim kemarin," ujar JK.

Pembatalan Kalemdikpol Komjen Pol Budi Gunawan sebagai kapolri diawali dari penetapannya sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji.

Untuk membuktikan status tersangkanya, BG kemudian mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gayung bersambut, keputusan PN Jaksel menyatakan proses penetapan tersangka BG tidak sah.

Alih-alih hal tersebut membuat BG dilantik, Presiden Jokowi memilih Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri. Menurutnya hal tersebut menghindarkan polemik di tengah masyarakat yang selama ini terus bergejolak. Presiden Jokowi menyiapkan jabatan baru untuk Budi Gunawan.

"Saya memutuskan Saudara Komjen Pol Budi Gunawan untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi Polri agar makin profesional dan dipercaya masyarakat," kata Jokowi. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • JK