Sukses

Curah Hujan Tinggi, Abu Vulkanik Sinabung Selimuti Rumah Warga

Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, tak menyurutkan geliat Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Tanah Karo - Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, tak menyurutkan geliat Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara.

Selain kawasan pemukiman di kaki Gunung Sinabung, areal ladang dan perkebunan milik warga, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (19/2/2015), juga tak luput diselimuti abu vulkanik.

Akibatnya belasan hektar ladang cabe milik warga rusak, meski seharusnya jadwal panen cabe akan tiba.

Saat hujan dan erupsi Sinabung mereda warga di sejumlah desa yang tinggal di kaki Gunung sinabung mulai membersihkan rumah mereka. Warga Desa Suka Ndebi misalnya. Mereka mulai membersihkan abu vulkanik yang  menyelimuti genteng rumah serta akses jalan desa.

Meski demikian warga desa yang tinggal sekitar 6 kilometer dari kaki Gunung Sinabung ini memilih tetap bertahan. Mereka berharap pemerintah segera turun tangan untuk membantu membersihkan jalan yang diselimuti abu vulkanik dan menyediakan kebutuhan air bersih. (Mar/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini