Sukses

Mengintip Persiapan Imlek di Wihara Dharma Bhakti Petak 9

Nuansa merah khas perayaan tahun baru China juga sangat terasa di Vihara ini.

Liputan6.com, Jakarta - Suasana perayaan Imlek sangat terasa begitu memasuki kawasan Petak 9, Glodok, Jakarta Barat. Terlebih, salah satu Vihara tertua di kawasan ini, yakni Wihara Dharma Bhakti.

Pantauan Liputan6.com, berbagai pernak pernik Imlek sudah tampak terlihat sejak di bagian depan Wihara. Nuansa merah khas perayaan tahun baru China juga sangat terasa di Wihara ini.

Meski perayaan Imlek baru digelar pada Kamis 19 Februari 2015 besok, para jemaat sudah mulai berdatangan ke wihara untuk bersembahyang.

Ratusan lilin kecil sudah berjajar di selasar menuju ruang utama wihara. Lilin-lilin ini digunakan untuk membakar hio dan kim sebelum sembahyang.

Sebuah tenda merah juga dipersiapkan guna melindungi lilin dari hujan yang belakangan tak kunjung reda.

Beberapa jemaat tampak memegang erat hio sambil memejamkan mata seraya berdoa. Setelah berdoa, hio lalu ditancapkan ke tong besar yang ada di bagian depan wihara.



Memasuki ruang utama, berbagai peralatan untuk sembahyang sudah dipersiapkan. Para jemaat tinggal memilih lokasi yang digunakan untuk memanjatkan doa. Tampak juga beberapa buah-buahan yang sengaja dibawa pengunjung sebagai persembahan untuk para dewa.

Salah seorang pengelola wihara, Hasan mengatakan, Wihara Dharma Bhakti sudah menyiapkan diri sejak beberapa bulan lalu. Beberapa bagian wihara, seperti lantai dan dinding juga tampak baru saja selesai direnovasi.

"Ini memang baru selesai direnovasi. Baru 2 hari selesai," ujar Hasan di lokasi, Rabu (18/2/2015).

Renovasi ini memakan waktu kurang lebih 4 bulan. Beruntung proses perbaikan ini selesai sebelum perayaan Imlek digelar.

"Ini dikerjakan siang-malam, kejar waktu supaya sebelum Imlek selesai. Dan akhirnya selesai juga," tambah dia.

Ribuan jemaat diperkirakan akan memenuhi wihara ini besok. Petugas kepolisian juga sudah bersiap melakukan pengamanan di lokasi ini.

Situasi sakral itu juga diwarnai dengan kehadiran ratusan pengemis yang sudah memenuhi bagian terdepan wihara. Mereka tampak sudah berbaris di lokasi yang sudah disediakan hingga perayaan besok. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini