Sukses

Batal Jadi Kapolri, Budi Gunawan Masih Kepala Lemdikpol

Komjen Budi sementara ini masih akan menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo batal melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Selanjutnya Jokowi menyiapkan jabatan baru untuk Budi Gunawan.‎ Namun demikian, sebelum diamanatkan jabatan baru, Mensesneg Pratikno mengatakan, Komjen Budi sementara ini masih akan menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol).

"Posisinya ditentukan demikian. Beliau masih berstatus Kalemdikpol. Selanjutnya ditentukan kemudian," ujar Pratikno usai mendampingi Presiden Jokowi menyampaikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2015).

Tetapi, Pratikno mengatakan, sewaktu-waktu Presiden dapat memutuskan apakah Komjen BG tetap pada jabatannya saat ini atau dimutasi kejahatan lainnya.

"Sekali lagi, dari pernyataan tadi, Presiden menegaskan, kalau beliau mengharapkan dan  menginginkan, Komjen Budi Gunawan berkontribusi di Kepolisian," kata dia.

Selain mengeluarkan keputusan untuk membatalkan pelantikan BG dan mengganti dengan Komjen Badrodin Haitu,  Jokowi juga membuat keputusan penonaktifan  dua pimpinan KPK yakni Abraham Samad dan Bambang Widjojanto. Selanjutnya, Jokowi mengganti dua pimpinan KPK tersebut dengan 3 pelaksana tugas (Plt) baru yakni Taufiqurrahman Ruki, Indriyanto Seno Adji, dan Johan Budi. ‎‎

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo yang batal melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri menyiapkan jabatan baru untuk Budi Gunawan.

"Saya memutuskan Saudara Komjen Pol Budi Gunawan untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi Polri agar makin profesional dan dipercaya masyarakat," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini.

Pengumuman tersebut disampaikan Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka. Budi Gunawan kini masih tercatat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol).

"Kontribusi ini dapat dilakukan dalam posisi dan jabatan apapun yang nanti akan diamanatkan kepadanya," ucap Jokowi.

Jokowi memutuskan tidak melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri demi mengakhiri kisruh KPK versus Polri. Jokowi mengulang proses pencalonan kapolri sejak awal, yakni dengan mengajukan nama baru. (Tya/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini