Sukses

Panglima TNI Jamin Pengamanan Konferensi Asia Afrika Optimal

Panglima TNI mengatakan pihaknya akan ikut melakukan koordinasi dengan pihak pengamanan negara-negara yang hadir.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menjamin situasi keamanan jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika sejak tanggal 22 hingga 24 April 2015 di Jakarta dan Bandung akan berlangsung kondusif.

"Saya pikir situasi pengamanan cukup baik, kegiatan utama di Jakarta dan peringatan puncaknya akan dilangsungkan di Bandung," ujar Moeldoko usai melakukan rapat koordinasi persiapan KAA di Kantor Kemensesneg, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa, (17/2/2015).

Ia pun mengungkapkan, sebagai negara yang sering menjadi tuan rumah acara konferensi berskala internasional, Indonesia telah cukup berpengalaman dan diakui oleh negara-negara lainnya di dunia. ‎‎Bahkan menurutnya, beberapa negara ingin 'berguru' dengan Indonesia dalam soal pengamanan acara-acara berskala internasional.

"Pengamanan kita kemarin pada saat (KTT) APEC kita mendapat apresiasi dari beberapa negara. Seperti dari China, angkatan bersenjatanya belajar ke kita," kata dia.

Ia juga mengatakan, demi menjaga situasi saat konferensi tersebut berlangsung, pihaknya menurunkan sebanyak 12 ribu personel TNI dari seluruh kesatuan. "12 ribu personel itu untuk menjaga situasi keamanan di Bandung dan Jakarta selama konferensi berlangsung," ucapnya.

Untuk penjagaan kepala negara asing yang datang dalam konferensi tersebut, Panglima TNI mengatakan pihaknya akan ikut melakukan koordinasi dengan pihak pengamanan negara-negara yang akan hadir.

"Itu tentu ada protapnya, pertama ajudan dibawa berapa! kendaraan kerasnya dibawa apa saja. Lalu dikoordinasikan, beliau bawa pesawat pribadi atau tidak‎, itu kita lakukan," tandas Moeldoko. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini