Sukses

Isi Obrolan Tjahjo Kumolo dan Abraham Samad saat Bertemu

Menurut Tjahjo Kumolo, pertemuannya dengan Ketua KPK Abraham Samad terjadi atas inisitif David.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Sekretaris Jenderal PDIP yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku pernah bertemu Ketua KPK Abraham Samad. Pertemuan terjadi di Apartemen The Capital, SCBD, Sudirman, Jakarta.

Menurut Tjahjo, dia bertemu Samad bersama Plt Sekjen PDIP yang saat itu masih menjabat Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan 2 kerabat Samad, yakni seseorang bernama dokter David dan Supriansyah.

Tjahjo menceritakan, awalnya ia dan David tidak saling kenal. Namun saat berada di Surabaya, salah seorang kader PDIP mengenalkan dia dengan David yang mengaku sahabat Abraham Samad.

"Saya awalnya tak begitu kenal dengan Pak Abraham, tapi ada seseorang di Surabaya yang mengaku kenal dekat dan bisa mengatur pertemuan informal dengan Pak Abraham, namanya dokter David. Saya tak keberatan waktu itu bila ada pertemuan informal dengan ketua institusi," cerita Tjahjo di depan anggota Komisi III DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/2/2015).

Menurut Tjahjo, pertemuan itu terjadi atas inisitif David. Akhirnya pertemuan tersebut pun terjadi di Apartemen The Capital bersama David dan Supriyansah.

"Akhirnya sebelum pileg (pemilu legislatif) saya bertemu Pak Abraham di apartemen tersebut bersama David dan Hasto, yang saya beri tahu waktu itu ikut saya. Di lobi apartemen, saya bertemu seseorang yang tadinya saya kira adalah stafnya Pak Samad. Ternyata belakangan dia adalah pemilik apartemen," lanjut Tjahjo.

Mengenai apa yang dibicarakan saat bertemu Samad, Mendagri mengaku hanya berbicara ngalor-ngidul tentang politik. Ia pun mengaku sempat menyinggung nama politisi senior PDIP Emir Moeis‎, yang sempat tersandung kasus Korupsi PLTU Lampung dan sudah divonis pada 15 April 2014 oleh Pengadilan Tipikor.

"Ya sempat sedikit ngobrol Pak Emir Moeis tapi tidak spesifik, karena dia kader kami, ya itu saja. Apa yang dibicarakan ya seputar politik saja. Karena saat itu pertemuan informal, ya saya sebagai sekjen partai politik senang-senang saja bisa bertemu ketua KPK," tandas Tjahjo.

Nama Supriansyah yang merupakan sahabat Samad kini menjadi salah satu saksi kunci pertemuan elit PDIP dengan Samad. Selain Supriansyah, kini muncul nama David yang disebut Tjahjo sebagai penghubung dirinya dengan Samad. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.