Sukses

Menteri Marwan: Masyarakat Desa Bisa Kelola Potensi Kepulauan RI

Pengelolaan potensi kepulauan itu harus menunjang kesejahteraan masyarakat daerah setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Desa di daerah kepulauan harus menjadi garda depan dalam mengelola potensi kepulauan. Potensi kepulauan di Indonesia, menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar, bisa dimanfaatkan untuk wisata dan mempertahankan ketahanan pangan di sektor maritim.

"Banyak pulau-pulau indah di Indonesia yang masih belum terawat secara baik. Masyarakat desa seharusnya bisa menjadi garda depan dalam pengelolaan potensi kepulauan," ujar Marwan di Jakarta, Jumat, (13/2/2015).

Pengelolaan potensi kepulauan itu harus menunjang kesejahteraan masyarakat daerah setempat. Desa di daerah kepulauan, menurut Menteri Marwan bisa memberdayakan alam laut dan SDM setempat sebagai pengelola usaha desa wisata bahari.

"Diharapkan akan mampu menambah daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke daerah tersebut. Konsep desa wisata bahari di pulau kecil harus tetap memanfaatkan potensi di wilayah tersebut, baik potensi laut maupun SDM," ucap Marwan.

Pemerintah, imbuh Marwan, akan memfasilitasi pengembangan konsep desa wisata berbasis pulau kecil dengan membentuk kelembagaan desa.

"Artinya, perlu adanya lembaga desa untuk melakukan kegiatan wisata di desa tersebut yang juga dikelola oleh masyarakat setempat agar ada tata kelola yang baik," tukas Menteri Marwan. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.