Sukses

Jokowi Disebut Batal Lantik Budi Gunawan, Ini Sikap PDIP

PDIP mengaku sedang menunggu arahan jika Jokowi benar batal melantik Budi Gunawan jadi Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan tidak akan melantik Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan menjadi Kapolri. Namun, PDI Perjuangan tetap meminta Jokowi untuk tetap melantik jenderal bintang 3 tersebut menjadi Kapolri.

"Sikap PDIP adalah kami tetap meminta Presiden Jokowi melantik Komjen Budi Gunawan," kata Ketua DPP PDIP Trimedya Panjaitan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Wakil ketua Komisi III DPR itu berujar,‎ Presiden Jokowi harus konsisten menjalankan aturan dan undang-undang yang berlaku, salah satunya konsisten dengan nama calon Kapolri yang telah dikirimnya.

"Kalau dibatalkan, kita tunggu arahan. Tapi kita berharap Presiden Jokowi konsisten dengan apa yang dia usulkan. Sudah kirim nama. Harus konsisten dengan apa yang dia kirim," ujar dia.

Kata dia, PDIP bisa saja menarik dukungan terhadap Jokowi jika tidak melantik Budi Gunawan. Namun, hal itu baru akan diputuskan setelah ada keputusan Jokowi terkait nasib Budi Gunawan.

"Kita belum tahu. Nanti, ada rapat di DPP PDIP," tandas Trimedya.

Wakil Ketua Komisi III Desmond Mahesa mengungkapkan Presiden Jokowi telah menelepon Ketua DPR Setya Novanto dan mengonfirmasi pembatalan pelantikan Budi.
‎
Desmond mengatakan, Jokowi menyampaikan pembatalan pelantikan Budi Gunawan kepada Setya Novanto pada Rabu 11 Februari 2015 kemarin melalui sambungan telepon. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • PDIP

Video Terkini