Sukses

Waket Komisi III: Jokowi Telepon Ketua DPR Bilang Tidak Lantik BG

Menurut Desmond, secara normatif hukum, pembatalan tersebut tidak bisa dilakukan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mengambil keputusan untuk tidak melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan menjadi Kapolri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa yang mengaku mengetahui kalau Jokowi telah menelpon Ketua DPR Setya Novanto dan mengkonfirmasi pembatalan pelantikan Budi.
‎
Desmond mengatakan, Jokowi menyampaikan pembatalan pelantikan Budi Gunawan kepada Setya Novanto pada Rabu 11 Februari 2015 kemarin melalui sambungan telepon.

"Yang saya ketahui, Jokowi menelepon ke Novanto hari Rabu malam. Katanya tidak akan melantik Komjen Budi, usulkan calon kapolri baru," jelas Desmond saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (13/2/2015).

Dalam pertemuan yang dilakukan Presiden dengan DPR, Desmond menguraikan bahwa Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman sebagai perwakilan dari Komisi III dimintai pendapat hukum atas keputusan yang akan diambil presiden.

Namun, Desmond menilai bahwa secara normatif hukum, pembatalan tersebut tidak bisa dilakukan Presiden Jokowi.

"Pastilah, normatif hukum tidak bisa dilakukan. Tidak dilantik itu tidak bisa. Dilantik dulu, baru diberhentikan dengan hak prerogatif presiden," tandas Desmond. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

Video Terkini