Sukses

Hujan Guyur Semarang, Sejumlah Wilayah Tergenang

Salah satu warga Perumahan Kalicari, Pedurungan, Dwi Risgono menuturkan, genangan air mulai terlihat pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Semarang - Hujan yang mengguyur wilayah Semarang, Jawa Tengah sejak Kamis 12 Februari 2015 siang, menyebabkan sejumlah kawasan di kota tersebut terendam banjir pada malamnya. Kedalaman genangan air bervariasi antara 40 cm-100 cm. Genangan air mulai berangsur surut pagi ini.

Dari sisi timur Kota Semarang, genangan air cukup dalam terdapat di kawasan Jalan Supriyadi, Jalan Gajah atau akses menuju Masjid Agung Jawa Tengah, Perumahan Tlogosari. Ketinggian air mulai dari 10-50 cm. Genangan di Jalan Supriyadi mencapai kedalaman 80 cm dan memasuki pemukiman di sekitar jalan tersebut.

Salah satu warga Perumahan Kalicari, Pedurungan, Dwi Risgono menuturkan, genangan air mulai terlihat jam 19.00 WIB. Saat itu ia akan berangkat ke Polrestabes Semarang untuk piket.

"Saya sedang siap-siap piket malam. Tapi melihat genangan dan air selokan mulai naik, saya beres-beres dulu," kata Dwi, anggota Sat Intelkam Polrestabes Semarang ini, Jumat (13/2/2015) dini hari.

Di kawasan Kota Lama juga tidak luput dari banjir. Sejumlah kendaraan terlihat mogok di depan Mapolsek Semarang Utara yang terletak sebelum Gereja Blenduk. Demikian pula Jalan Pemuda depan kantor pos besar Kota Semarang dan jalan di depan Kantor BPBD Provinsi Jawa Tengah, air menggenang cukup tinggi sehingga pengemudi mobil ataupun motor tidak berani melintas.

Banjir cukup tinggi terjadi di Jalan Imam Bonjol menuju Stasiun Poncol dari kawasan Kota Lama. Ketinggian genangan paling tinggi mencapai perut orang dewasa. Sejumlah warga pun membantu pengendara motor yang mogok dan mengarahkan ke gang-gang kecil. Sedangkan Stasiun Poncol juga kebanjiran di halaman parkirnya.

"Sudah dari pukul 16.00 tadi. Awalnya semata kaki, sekarang setinggi ini," kata Suryanto, warga Tanah Putih yang melintas di Jalan Imam Bonjol, Jumat (13/2/2015) dini hari.

Meski banjir cukup merata, namun genangan tersebut cepat surut. Meski hujan masih turun hingga pagi ini, namun genangan di sejumlah titik sudah surut.

Di kawasan Jalan Pahlawan, Perumahan Erlangga, Tlogosari, Sawah Besar, Semarang yang sempat terendam cukup dalam, hanya menyisakan genangan air tak lebih dari 10 cm. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.