Sukses

Ahok Minta Pembelian Solar dengan Jerigen Diizinkan saat Banjir

Ahok menginginkan PT Pertamina membolehkan pembelian solar dengan jerigen dalam keadaan darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah operasional pompa air di Waduk Pluit, Jakarta Utara, yang tak berfungsi sehingga Jakarta kembali banjir, tak hanya berimbas pada PT PLN. Namun juga mengarah kepada PT Pertamina.

Usai meminta PLN untuk tak memutus aliran listrik pompa air Jakarta, khususnya Waduk Pluit, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga menginginkan PT Pertamina membolehkan pembelian solar dengan jerigen dalam keadaan darurat. Misalnya, untuk bahan bakar genset guna operasional pompa air yang listriknya padam.

"Ada masalah juga. Genset (pompa air) kan pakai solar. Pertamina melarang beli solar pakai jerigen di SPBU. Maksud saya kalau sudah darurat begitu, apapun boleh. Kalau untuk genset, masa masyarakat mau jualan solar?!" kata Ahok di Balaikota Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Mengenai hal itu, Kepala Dinas Tata Air DKI Agus Priyono mengaku telah menerima instruksi dari Ahok agar mengatur mekanisme ketersediaan solar untuk genset pompa air dalam keadaan darurat. Dirinya mengaku segera berkoordinasi dengan pihak PT Pertamina tentang permintaan agar pembelian dengan jerigen dibolehkan.

Sebab, jika mengorder secara 1 tangki kepada PT Pertamina akan memakan waktu banyak sementara pompa harus segera beroperasi membuang air ke laut saat banjir melanda. Selain itu, lanjut dia, ada kemungkinan pengiriman solar dengan tangki ke lokasi pompa air bisa terkendala banjir.

"Naik becak atau gerobak masih bisalah angkut jerigen. Itu kita sedang kita pikirkan bagaimana mekanismenya sehingga dalam kondisi darurat pun kita bisa suplai solar ke genset di Pluit," jelas Agus. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KUII

Video Terkini