Sukses

Diguyur Hujan Seharian, 4 Wilayah di Bogor Diterjang Longsor

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, ada 4 titik yang mengalami bencana tanah longsor.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat, sepanjang hari ini mengakibatkan bencana longsor. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, ada 4 titik yang mengalami bencana tanah longsor.

Kepala Seksi Tanggap Bencana BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo mengatakan, bencana tanah longsor terjadi di Desa Sukamuli Kecamatan Sukajaya, Desa Ciburuy di Kecamatan Cigombong, Desa Jambi di Kecamatan Manunggal, dan Kampung Batu Kembar, Desa Ciderum di Kecamatan Caringin.

"Keempat longsor tersebut rata-rata karena tanah yang tidak menggunakan tembok penahan tanah. Rumah yang paling parah itu rumah milik Ucup di Kampung Batu Kembar RT 01/RW 07, Desa Ciderum Kecamatan Caringin," jelas Budi saat dihubungi, Selasa (10/2/2015).

Namun, lanjut dia, longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. "Sebab kami sudah berkoordinasi dengan aparat RT dan desa dalam mengantisipasi dengan mengevakuasi warga ke lokasi yang lebih aman," tutur Budi.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menerjunkan 60 petugas gabungan untuk melakukan pembersihan puing longsor. Kemudian pihaknya juga membuat posko untuk menampung pengungsi.

"Petugas gabungan di sini terdiri dari unsur TNI, Polri, SAR, Tagana dan warga sekitar juga turut membantu membersihkan rumah korban dari timbunan tanah," pungkas dia. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

Video Terkini