Sukses

Kali Baru Meluap, Puluhan Rumah di Bojonggede Bogor Terendam

Sutisna berharap, Pemkab Bogor dan BKSDA Provinsi Jawa Barat agar mengeruk sampah, menormalisasi Kali Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang melanda wilayah Bogor sejak dini hari ini mengakibatkan bencana banjir yang merendam beberapa rumah dan sekolah di Kampung Bambu Kuning RW 06, Desa Bojong Baru, Kecamatan Bojonggede, Kota Bogor.

Banjir di kampung tersebut akibat posisi kampung berada di bawah Kali Baru. Ketika hujan turun secara terus-menerus, kali tersebut meluap dan akhirnya membanjiri jalan bahkan rumah.

Ketua RW setempat, Sutisna mengatakan, banjir dengan ketinggian sekitar 20 sampai 50 cm tersebut melanda puluhan rumah di lingkungan tersebut.

"Dari data kami, ada sekitar 42 rumah yang terendam banjir. Tapi Alhamdulillah masih bisa ditangani dan warga tidak mesti mengungsi," ungkap Sutisna, di Bogor, Selasa (10/2/2015).

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan BKSDA Provinsi Jawa Barat agar mengeruk sampah, menormalisasi Kali Baru, serta membongkar bangunan ilegal yang berdiri di sepanjang Kali Baru.

"Kondisi di Kali Baru itu kedalamannya sudah dangkal. Jadi kalau hujan langsung meluap. Kemudian marak bangunan liar di bantaran sungainya jadi semrawut," papar dia.

Salah satu guru SDN Bojonggede 2 Abdul Latif juga meminta agar normalisasi Kali Baru ini dipercepat sesuai janji Bupati Bogor. Akibatnya, bencana tersebut kegiatan belajar mengajar di sekolahnya terganggu.

“Kondisi lapangan dan halaman sekolah tergenang air hingga selutut. Terpaksa kegiatan upacara bendera, kegiatan pramuka, juga olahraga dihentikan sementara sampai air surut," pungkas Abdul Latif. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini