Sukses

Komandan ISIS Eks Taliban Tewas Digempur Pesawat Tak Berawak

Rauf diketahui menyatakan dukungan kepada ISIS setelah memisahkan diri dari Taliban.

Liputan6.com, Baghdad - Serangan pesawat tak berawak di Afghanistan menewaskan seorang komandan milisi, yang baru-baru ini menyatakan dukungan terhadap kelompok yang menamakan diri ISIS.

"Mantan komandan Taliban Mullah Abdul Rauf tewas karena serangan NATO," ujar Komandan polisi Helmand seperti dimuat BBC, Selasa (10/2/2015).

Bulan lalu, Rauf diketahui menyatakan dukungan kepada ISIS setelah memisahkan diri dari Taliban.

"Sebuah kendaraan yang membawa sekitar enam orang hancur ketika melintasi padang pasir," ungkap pemimpin kesukuan di Helmand utara.

Sejumlah laporan juga menyebutkan, kendaraan yang membawa amunisi tersebut meledak. Sementara Badan Intelijen Afghanistan juga mengatakan Rauf terbunuh.

NATO memastikan serangan udara tersebut, tetapi tidak menyebutkan sasaran yang dituju.

Pasukan Afghanistan menyatakan sangat sulit melakukan serangan udara berdasarkan mandat baru NATO sejak permulaan tahun ini. Serangan kali ini merupakan salah satu dari sejumlah serangan yang disepakati.

"Ipar laki-laki komandan milisi dan empat warga Pakistan juga dilaporkan tewas dalam serangan itu," urai komandan polisi Helmand Nabi Jan Mullahkhel. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.