Sukses

Kelapa Gading Banjir, Kusir Delman dan Gerobak Ketiban Rezeki

Lumpuhnya arus lalu lintas, kendaraan bermotor di Kelapa Gading menjadikan delman dan gerobak menjadi pilihan sebagai alat transportasi.

Liputan6.com, Jakarta - Di saat terjadi musibah selalu ada yang dirugikan, namun di sisi lain ada juga yang ketiban rezeki. Seperti penarik delman dan gerobak yang berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (10/2/2015), menayangkan, tingginya air sepanjang Senin kemarin membuat kendaraan bermotor tak bisa menembus banjir.

Kondisi ini pun dimanfaatkan para penarik delman dan gerobak untuk menawarkan jasa mengarungi banjir bagi warga yang akan pergi kerja di kawasan tersebut. Karena tidak ada alternatif lain, tarif yang dikenakan pun cukup tinggi.

Menurut Rudiono si penarik gerobak dan Asep si kusir delman, tarif yang dikenakan bervariasi, tergantung dari jauh dekatnya tempat yang dituju. Ada yang Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, dan ada yang Rp 200 ribu.

Keduanya mengaku dalam sehari bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp 700 ribu, itu pun baru 4 jam saja.

Bagi yang rela mengeluarkan uang, hal itu tentu tak masalah, namun sebagian warga dan karyawan di kawasan ini memilih menumpang sejumlah truk untuk bisa mencapai lokasi yang tak terendam banjir agar bisa pulang ke rumah. (Mar/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini