Sukses

BMKG: Curah Hujan Diprediksi Tinggi Lagi pada 12 dan 14 Februari

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak dini hari hingga siang tadi membuat sejumlah kawasan Ibukota lumpuh direndam banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Indonesia, terutama kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tengah dilanda musim hujan. Curah hujan tinggi terjadi pada hari ini hingga membuat wilayah Ibukota dan sekitarnya banjir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan akan kembali tinggi pada Kamis 12 Februari dan Sabtu 14 Februari 2015 mendatang.

"Yang kita lihat bakal tinggi lagi seperti hari ini pada tanggal 12 dan 14 Februari," ujar Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim BMKG, Kukuh Ribudiyanto kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (9/2/2015).

Dijelaskan dia, puncak hujan pada awal tahun ini terjadi pada akhir Januari dan awal Februari. Dan hujan dengan intensitas ringan dan sedang diprediksi bakal mengguyur Jabodetabek pada esok hari dan seterusnya.

"Dari klimatologi pada Januari dan Februari. 10 hari terakhir Januari dan sekitar 10 hari pertama di Februari," papar Kukuh.

Dia menambahkan, musim hujan tahun diprediksi akan berakhir pada April 2015 mendatang. Sedangkan musim pancaroba, yakni peralihan dari musim hujan dan kemarau akan terjadi pada Maret.

"Curah hujan tahun ini tidak setinggi tahun lalu. Tahun ini sekitar 170 mm dan tahun lalu 190 mm. Jadi masih lebih lebat tahun lalu," tandas Kukuh.

Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya sejak dini hari hingga siang tadi telah membuat sejumlah kawasan Ibukota sempat lumpuh direndam banjir, termasuk Jantung Ibukota, tepatnya di Jalan MH Thamrin dan kawasan Bundaran Hotel Indonesia. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.