Sukses

Sejumlah Titik Banjir di Jakarta Selatan

Banjir di Jakarta Selatan di antaranya di kawasan elite Kemang. Tepatnya di depan pusat perbelanjaan Kem Chicks.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Minggu kemarin, membuat ruas jalan Ibukota Jakarta digenangi banjir, lantaran saluran drainase tidak berfungsi dengan baik. Salah satunya di Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, Senin (9/2/2015) sore, hujan di Jakarta Selatan sedikit reda meski tertlihat mendung. Kawasan elite seperti Kemang, genangan air mencapai 10 sampai 20 centimeter yang menutup sebagian jalan. Terutama di depan pusat perbelanjaan Kem Chicks, milik pengusaha terkenal almarhum Bob Sadino.

"Ini sudah agak surut dan lebih mending genangannya daripada tadi pagi. Kalau tadi pagi sudah sampai setengah betis," kata Rudi, seorang penjual gorengan di sekitar lokasi genangan.

Menurut Rudi, genangan mulai surut karena selain curah hujan mulai berkurang, juga disebabkan bantuan pompa air untuk menyedot genangan yang makin meninggi tersebut.

"Jadi tadi sekitar habis zuhur, ada bantuan pompa untuk sedot genangan ini, karena sudah makin tinggi airnya. Terus dialirkan ke tembusan Kali Krukut di sebelah situ," jelas dia.

Sementara di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan juga terdapat genangan air serupa. Lokasi genangan air tersebut terjadi tepat di depan Tendean Square dan kompleks Sekolah Tarakanita, yang berada tepat di sebelahnya.

Penjual asongan sekitar lokasi, Karyo, mengatakan, walaupun hujan sudah mengguyur Jakarta sejak Minggu malam kemarin, genangan air setinggi 20 sampai 30 centimeter itu, baru mulai menggenangi kawasan tersebut sejak siang hari.

"Kalau hujan dari semalem sih malah belum begini banjirnya. Tapi dari tadi siang saja ini air baru pada naik setinggi ini," kata Karyo.

Akibat genangan tersebut, arus lalu lintas di Jalan Tendean dari arah Mampang menuju Jalan Wolter Monginsidi tersendat. Namun arah sebaliknya terpantau lancar. Banjir disebabkan karena selain bentuk jalan yang memang miring juga permukaan lebih rendah.

Genangan serupa juga terlihat di jalanan menuju permukiman kawasan Petogogan, yang berada tepat di sebelah sekolah Tarakanita. Genangan di jalan ini lebih dalam daripada genangan air di depan Tendean Square, yang diperkirakan akibat meluapnya kali Krukut kecil yang mengalir di belakang permukiman tersebut. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.