Sukses

Jokowi Tiba di Istana Filipina Disambut 21 Dentuman Meriam

Rombongan Presiden Jokowi tiba di Istana Malacanang Filipina bersama Ibu Negara Iriana Jokowi pada pukul 15.40 waktu Manila.

Liputan6.com, Manila - Presiden Joko Widodo mengunjungi Istana Malacanang, Manila, Filipina. Kedatangan pria yang akrab disapa Jokowi ke Istana Kepresidenan itu untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina, Benigno 'Noynoy' Aquino.
‎
Pantauan Liputan6.com, Senin (9/2/2015), Jokowi tiba bersama Ibu Negara Iriana Jokowi pada pukul 15.40 waktu Manila. Sesampainya di dalam Istana Malacanang, ia langsung diterima oleh Presiden Aquino beserta ist‎ri.

Setelah itu, Jokowi kemudian mengikuti upacara penyambutan yang dipimpin oleh Presiden Aquino. ‎Dalam rangkaian upacara tersebut, Presiden Jokowi dan Aquino tampak berdiri berdampingan dan menyaksikan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia dan Filipina.

Saat lagu kebangsaan dikumandangkan, prajurit tentara tentara Filipina meletakkan 21 dentuman meriam. Hal itu merupakan ‎bentuk kehormatan terhadap tamu negara.

Usai prosesi tersebut, Jokowi kemudian melakukan pemeriksaan jajar kehormatan dengan didampingi oleh Presiden Aquino. Setelah mengikuti upacara kenegaraan, ia pun diperkenalkan satu per satu dengan menteri dan pejabat tinggi di Pemerintahan Filipina.

Setelah itu, Presiden Jokowi pun bergantian memperkenalkan para menteri beserta Ibu Negara Iriana dan kedua anaknya Kaesang Pangareb dan Kahiyang Ayu.

Para menteri yang ikut dalam rombongan Presiden Ke Filipina yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel. Selain para menteri juga ikut dalam rombongan yaitu Ketua BNN Anang Iskandar, Ketua BNP2TKI Nusron Wahid dan Kepala Lemhanas Budi Susilo Supandji. ‎

Dalam pertemuan itu, Presiden dan jajaran menteri kabinet kerja membahas beberapa hal di antaranya mengenai kerjasama di bidang pendidikan, Ketenagakerjaan, pemberantasan Narkoba dan peningkatan investasi antar dua negara tersebut. ‎
‎
Pertemuan bertutup itu rencananya berlangsung hingga pukul 16.41 waktu Manila.

Rencananya usai pertemuan, Presiden Jokowi dan Presiden Aquino akan melakukan penandatangan dokumen kerjasama antara pemerintah RI dengan pemerintah Filipina dalam beberapa bidang. Lalu dilanjutkan acara jamuan makan malam bersama Presiden Aquino dan para menterinya. ‎(Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini