Sukses

Awali Kunjungan di Filipina, Jokowi Ziarah ke Makam Pahlawan

Rencananya, Presiden dan rombongan akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 01.30 WIB‎ dini hari, Selasa, 10 Februari 2015.

Liputan6.com, Filipina - Presiden Jokowi memiliki agenda kenegaraan bersama beberapa jajaran menteri di Kabinet Kerja pada hari kedua kunjungannya ke Filipina, Senin (9/2/2015).

Informasi agenda kegiatan Presiden yang diterima Liputan6.com, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi akan lebih dulu melakukan kunjungan ke Makam Taman Makam Pahlawan Rizal Park Monumen. Di sana, Jokowi beserta Ibu Negara dengan didampingi Walikota Manila akan menabur bunga.

Usai berziarah, Jokowi langsung bertolak menuju ke Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Filipina. Di sana, Presiden Jokowi akan bertemu Kepala Kedutaan dan jajarannya. Selain itu Jokowi juga bakal bertemu warga Indonesia yang bekerja di Filipina untuk berdialog dan menampung aspirasi.

Dari KBRI, Jokowi kemudian akan bertolak menuju ke Istana Malacanang untuk mengikuti prosesi upacara penyambutan yang dipimpin Presiden Filipina Benigno 'Noynoy' Aquino. Setelah melakukan upacara penyambutan, Jokowi dan beberapa menteri dijadwalkan melakukan pembicaraan dengan Presiden aquino. Dalam sesi tersebut, kedua Presiden akan saling memperkenalkan jajaran menterinya yang ikut dalam pertemuan tersebut.

Setelah forum tersebut, akan dilakukan pertemuan bilateral antara pemerintah Filipina dengan Pemerintah Indonesia yang akan berlangsung di Aquinaldo Room, Istana Malacanang. Akan ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, yaitu dalam bidang investasi, ketenagakerjaan, pendidikan, dan kerja sama dalam bidang pemberantasan narkoba.

Beberapa menteri yang akan mendampingi Presiden dalam acara tersebut yaitu, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, Menteri Perekonomian Sofjan Djali, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi serta perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Usai melakukan rangkaian kegiatan tersebut, Jokowi kemudian mengikuti jamuan makan malam dengan Presiden Aquino beserta jajarannya di ‎Bandara Col. Jesus Villamor. Di sana, Jokowi rencananya akan menerima penghargaan berupa kunci emas. Penghargaan tersebut merupakan bentuk penghargaan bagi Jokowi sebagai warga kehormatan Kota Manila.

Setelah itu, Jokowi dijadwalkan langsung bertolak kembali ke Indonesia. Rencananya, Presiden dan rombongan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada Selasa 10 Februari 2015 pukul 01.30 WIB‎. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.