Sukses

Ribuan Rumah di Baleendah Terendam Banjir

Untuk akses keluar masuk pemukiman, warga harus menggunakan perahu.

Liputan6.com, Bandung - Ribuan rumah di Kecamatan Baleendah, Bandung, Jawa Barat terendam banjir akibat luapan Sungai Citarum.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (7/2/2015), warga harus menggunakan perahu untuk akses keluar masuk pemukiman, karena akses jalan yang menghubungkan Cibaduyut dan Baleendah putus terendam banjir.

Sementara itu, sebagian warga mulai mengungsi ke gedung serbaguna Baleendah karena genangan air semakin tinggi di rumahnya.

Ratusan rumah di Kampung Cieunteung, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat juga terendam banjir akibat luapan Sungai Citarum. Ketinggian air mencapai 1 hingga 2 meter.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandy beberapa waktu lalu menjelaskan setidaknya dibutuhkan 3 langkah besar dalam penanggulangan bencana masalah banjir, termasuk di Baleendah.

Pertama yaitu melakukan relokasi penduduk dari tempat yang menjadi mangkuk sumber banjir. Kedua, membangun waduk penyerapan air minimal seluas 5 hektare, dan lakukan sodetan di anak-anak sungai yang menuju aliran Sungai Citarum. (Mar/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini