Sukses

Tes Para Calon Kapolri Digelar di Mabes Polri Hari Ini

Setelah Presiden Joko Widodo memutuskan tidak akan melantik Budi Gunawan, Kompolnas menyeleksi nama-nama baru calon Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Pascapenetapan Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan menjadi tersangka terkait kasus rekening gendut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memulai tes untuk para calon Kapolri baru.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (6/2/2015), pelaksanaan tes atau wawancara seputar daftar riwayat hidup terhadap calon-calon kapolri baru itu dilaksanakan di Gedung Rupatama lantai 3 Mabes Polri.

Dari 6 nama yang diajukan sebagai pengganti Komjen Budi Gunawan, ada 4 nama yang tampil ke permukaan dan siang ini tengah digodok oleh Kompolnas. Pertama Komjen Badrodin Haiti lulusan Akademi Polisi (Akpol) 1982 yang kini menjabat sebagai Wakapolri, kedua Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Komjen Polisi Dwi Priyatno.

Selanjutnya ada Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan, dan keempat Kabareskrim Pol Budi Waseso yang baru saja naik pangkat menjadi jenderal bintang 3 alias Komisaris Jenderal Polisi.

Selai penelusuran riwayat hidup, ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi para calon Kapolri baru ini, yaitu mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Jadi siapakah kira-kira dari keempat orang ini yang layak muncul sebagai Kapolri? (Mar/Mut)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.