Sukses

Pagi Hujan Abu, Malam Hari Gunung Raung Bergemuruh

Suara gemuruh dari Gunung Raung dan abu vulkanik yang sangat tipis juga dirasakan warga Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jember - Warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, merasakan hujan abu yang sangat tipis dari Gunung Raung (3.222 mdpl) selama 2 hari terakhir.

"Hujan abunya sangat tipis, namun kalau kena mata terasa perih. Hujan abu itu terjadi sejak Rabu (4 Februari 2015) pagi dan hingga hari ini juga masih terasa, apalagi saat naik sepeda motor," kata Hariyono, warga Desa Randuagung, Kecamatan Sumberjambe, Kamis (5/2/2015).

Warga di lereng Gunung Raung yang berada di Kabupaten Jember merasakan hujan abu yang sangat tipis pada pagi hari. Sedangkan pada malam hari arah angin cenderung ke utara di Desa Jambearum, Kecamatan Sumberjambe hingga Kabupaten Bondowoso.

"Kami juga sempat mendengar suara gemuruh beberapa hari terakhir dan suara tersebut terdengar cukup keras pada malam hari," tutur dia.

Kepala Desa Randuagung, M Zainal, mengatakan jarak desanya dengan Gunung Raung sekitar 15 kilometer, sehingga suara gemuruh dan abu vulkanik yang sangat tipis juga dirasakan warga setempat.

Desa Randuagung masuk dalam kawasan III terdampak bencana Gunung Raung karena jarak desa dengan gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi itu mencapai 15 kilometer.

Sedangkan Desa Rowosari, Jambearum, dan Gunungmalang di Kecamatan Sumberjambe masuk kawasan I terdampak Gunung Raung karena jaraknya yang lebih dekat.

"Warga tidak panik, meskipun suara gemuruh terdengar karena mereka sudah terbiasa dan warga sudah dibekali dengan cara-cara evakuasi ketika terjadi erupsi," papar dia.

Sementara Kepala Bidang Kesiapsiagaan Bencana BPBD Jember, Mahmud Rizal, membenarkan adanya laporan warga yang mendengar suara gemuruh dan hujan abu yang sangat tipis di sejumlah desa di Kecamatan Sumberjambe.

"Warga sampai saat ini tetap tenang dan tidak ada yang panik. Meskipun statusnya Waspada, suasana di lereng Gunung Raung masih kondusif," jelas dia.

Menurut Mahmud Rizal, BPBD sudah mendistribusikan ribuan masker untuk mengantisipasi turunnya abu vulkanik Gunung Raung tersebut, sehingga diharapkan warga menggunakan masker. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini