Sukses

Alasan JK Tak Antar Kepergian Jokowi ke Luar Negeri

Husain menjelaskan, JK yang tidak mengantar Jokowi tak serta merta bisa diartikan terjadi kerenggangan h‎ubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke tiga negara anggota ASEAN yaitu Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina. Pesawat yang ditumpanginya berangkat pagi tadi. Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak sempat mengantar Jokowi karena sejumlah agenda.

"Dari tadi pagi Pak JK kerja dan sibuk menerima tamu selain rapat bergantian dengan sejumlah menteri," kata Juru Bicara JK Husain Abdullah, di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (5/2/2015).

"Untuk lingkup ASEAN, Wapres dan termasuk menteri-menteri tidak harus mengantar," imbuh dia

Husain menjelaskan, JK yang tidak mengantar Jokowi tak serta merta bisa diartikan terjadi kerenggangan h‎ubungan di antara keduanya. Bahkan, sebelum Jokowi berangkat, keduanya sempat berbincang dengan ponsel.

"Kerja, kerja, kerja. Jadi tidak ada apa-apa. Sebelum berangkat Presiden dan Wapres lama berbincang akrab via telepon. Saat bicara via telepon, Pak JK harus menskorsing rapat terbatas bersama Menteri Dalam Negeri, Pariwisata, Kemaritiman, dan Wamenlu untuk peningkatan kunjungan wisata," tutur Husain.

Sesudah rapat dengan menteri-menteri tersebut, lanjut Husain, JK menyempatkan menerima Panitia HPN yang dipimpin wartawan senior Hendry Ch Bangun, sekalipun sebelumnya tidak dijadwalkan oleh protokol Wapres.

Usai bertemu Panpel HPN, JK melanjutkan rapat tentang pendidikan bersama Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menag Lukman Hakim, Menpora Imam Nahrawa dan Menristek Dikti M Nasir yang masih berlangsung hingga saat ini.

"Dan tentunya Wapres memimpin rapat dengan menteri-menteri sebagai tugas dari Presiden.‎ ‎Saat ini menunggu lagi tamu lebih 30 orang masyarakat Poso untuk bersilaturahmi di Wapres," tandas Husain. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • JK

Video Terkini