Sukses

Kabareskrim Budi Waseso Naik Pangkat Jadi Komisaris Jenderal

Selain melantik Budi Waseso, Badrodin juga melantik 12 perwira tinggi lainnya, termasuk Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Irjen Pol Budi Waseso resmi mendapat pangkat baru setelah menjabat orang nomor 1 di Bareskrim Polri. Mantan Kapolda Gorontalo itu kini berpangkat komisaris jenderal polisi.

Dalam acara upacara kenaikan pangkat yang digelar di ruang pertemuan utama Mabes Polri, Jakarta, dan dipimpin langsung oleh Wakapolri yang juga Plt Kapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti, Budi Waseso resmi menyandang bintang tiga di pundaknya.

Badrodin mengatakan, pelantikan Budi Waseso menjadi jenderal bintang 3 tetap sah meski bukan dilantik langsung oleh kapolri.

"Sah, 100 persen sah karena ini keputusan presiden, jadi pelantikan sah," kata Badrodin di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Selain melantik Budi Waseso, Badrodin juga melantik 12 perwira tinggi lain, termasuk Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Agus Rianto yang sebelumnya berpangkat komisaris besar polisi.

Sebelum menjabat sebagai kabareskrim menggantikan Komjen Pol Suhardi Alius, Budi Waseso menjabat kepala sekolah staf dan pimpinan Polri (sespim).

Mantan Kapolda Gorontalo ini menjadi perbincangan akhir-akhir ini karena tindakannya yang menangkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) dan menetapkan dia sebagai tersangka. BW ditangkap terkait kasus pengarahan saksi palsu di sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2010. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini