Sukses

Abraham Samad: Tidak Ada Inisiatif Saya Calonkan Diri Jadi Wapres

Abraham Samad menerangkan, sebagai Ketua KPK, tidak bisa dihindari pertemuan dengan politisi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyatakan, namanya digadang-gadang sebagai calon wakil presiden (cawapres) saat Pemilu Presiden 2014. Saat itu namanya kerap disandingkan dengan Joko Widodo.

"Saya tidak membantah nama saya digadang sebagai wapres. Namun tidak ada inisiatif saya calonkan diri," ujar Abraham Samad dalam jumpa pers di KPK, Jakarta, Senin (2/2/2015).

Abraham menyatakan, dia tidak pernah menjanjikan apapun kepada partai politik untuk membantu menyelesaikan kasus. "Itu bagian ujian integritas KPK," kata dia.

Dia menerangkan, berkaitan dengan pertemuan dengan sejumlah pihak dalam pelaksanaan tugas sebagai Ketua KPK, tidak bisa dihindari pertemuan dengan petinggi partai politik.

"Sebagai ketua KPK, saya tidak bisa dihindari pertemuan saya dengan politisi, elite politik, baik formal maupun informal," ucap Abraham.

Tim hukum PDI Perjuangan Arteria Dahlan pada Minggu 1 Februari kemarin, menunjukkan foto yang dinilai sebagai bukti ada pertemuan ketua KPK dengan tim sukses Joko Widodo terkait Pilpres 2014 lalu di kediaman AM Hendropriyono. Dalam foto ini terlihat Abraham Samad berdiri di samping RNH, putra seorang purnawirawan TNI.

Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga mengaku bertemu dengan Ketua KPK Abraham Samad membahas posisi calon wapres yang akan mendampingi Joko Widodo atau Jokowi jelang Pilpres 2014. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.