Sukses

TNI AD Janji Terbuka Soal Penyelidikan Kasus Anak Deddy Mizwar

Putra Wagub Jabar Deddy Mizwar itu diduga melakukan perbuatan asusila terhadap wanita beranak satu.

Liputan6.com, Jakarta - Letnan Satu Zulfikar Rakita Dewa menghadapi kasus hukum. Putra Wagub Jabar Deddy Mizwar itu diduga melakukan perbuatan asusila terhadap wanita beranak satu berinisial RR.

Kasus ini kini tengah diproses di Puspom TNI AD. Sebelum menjalani pemeriksaan di Puspom, Zulfikar terlebih dahulu menjalani penyelidikan di tingkat satuan Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, Depok.

"Untuk di Puspom baru akan dimasukan ke sana. Tapi pemeriksaan di tingkat satuan sudah dilakukan," kata Kadispen TNI AD Kolonel Infanteri Wuryanto di Mabes TNI AD, Senin (2/2/2015).

Wuryanto berjanji segala proses hukum yang menyangkut kasus ini akan terbuka. Meskipun pengadilan militer secara aturan memang tertutup.

"Makin cepat makin bagus, ada prioritas penanganan karena kita sama dengan pengadilan umum ada penumpukan perkara kita belum bisa memastikan. Kita bisa dorong mudah mudahan bisa secepatnya. Setelah itu hasilnya kita sampaikan lagi ke publik," ujar Wuryanto.

Sementara, Zulfikar menjelaskan, dia memang belum menjalani pemeriksaan di Puspom TNI AD. Hanya saja, pemeriksaan pendahuluan sudah dilakukan di tingkat satuan.

"Untuk di Puspom baru akan diperiksa. Tapi sebelumnya sudah ada proses-proses hukum lainnya yang sudah berjalan. Kita hormati hukum yang berlaku, biar hukum yang akan mengungkap kebenaran itu," jelas dia.

Lettu Inf Zulfikar Rakita Dewa dilaporkan oleh RR (40) atas tuduhan tak bertanggung jawab dalam kasus asusila. Kasus ini bahkan sudah dilaporkan RR ke Panglima TNI dan Kepala Staf TNI AD.

Pengacara RR, Ramdan menyebut awal hubungan intim itu terjadi setelah kliennya dibuat mabuk oleh Zulfikar di kamar hotel. Fikar yang sedang bertugas di Lebanon dalam Kontingen Garuda, berlibur ke Eropa untuk menemui RR. RR dibuat mabuk sampai akhirnya peristiwa itu terjadi.

Keduanya 12 hari berada di Eropa. Selama itu mereka kerap berhubungan intim. RR mengaku mau melakukannya karena Zulfikar berjanji akan menikahinya. Selisih usia belasan tahun tak masalah. RR juga dijanjikan akan dinikahi Zulfikar.

RR mengaku akan melaporkan masalah ini ke Deddy Mizwar, namun ayah Letnan Zulfikar ini menyerahkan sepenuhnya pada putranya. Alasannya Zulfikar sudah dewasa dan harus menyelesaikan masalahnya sendiri. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.