Sukses

Jalur Wisata Gunung Bromo Tertimbun Longsor

Curah hujan yang tinggi disertai angin selama 3 jam mengakibatkan terjadinya longsor di jalan menuju lokasi wisata Gunung Bromo.

Liputan6.com, Pasuruan - Jalan menuju objek wisata Gunung Bromo di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, sempat tertimbun longsor hingga Minggu sore.

"Longsor menimbun sebagian jalan menuju objek wisata Gunung Bromo pada Sabtu (31/1), namun tidak sampai memutus arus lalu lintas kendaraan menuju penanjakan Gunung Bromo maupun lautan pasir," kata salah satu warga, Lastri.

Ia mengatakan, curah hujan yang tinggi disertai angin selama 3 jam mengakibatkan terjadinya longsor pada Sabtu (31/1) sekitar pukul 15.00 WIB, sehingga warga harus membersihkan jalan menuju wisata Gunung Bromo dengan alat manual.

"Puluhan warga bergotong royong membersihkan tanah yang terbawa oleh aliran air meskipun dengan alat seadanya seperti cangkul, karung, maupun dengan tangan," ujarnya.

Sementara itu, pengunjung wisata Gunung Bromo, Rony Tri mengaku sedikit terganggu dengan adanya longsoran tanah yang menimbun sebagian jalan, apalagi harus bergantian dengan kendaraan lain dari arah sebaliknya.

"Cukup terganggu apalagi harus bergantian seperti ini. Selain itu juga takut karena jalannya licin akibat longsor ini, jadi benar-benar harus waspada dan konsentrasi," ujar wisatawan asal Malang tersebut.

Ditemui secara terpisah, Kepala Resort Penanjakan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Untung Sumarno mengimbau agar wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo lebih waspada pada musim hujan ini.

"Wisatawan harus lebih waspada dengan curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. Jika ingin mengunjungi kawasan Gunung Bromo sebaiknya membawa jas hujan maupun menggunakan jaket yang tebal agar tidak kedinginan," katanya. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Bromo

Video Terkini