Sukses

Waspada, Hujan Sepanjang Hari Ini di Jabodetabek Disertai Petir

BMKG menyatakan hujan hari ini mengguyur hampir seluruh wilayah di Jabodetabek.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta sejak kemarin diprediksi masih akan terjadi sepanjang hari ini. Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BKMG) bahkan mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di Jabodetabek.

"Jabodetabek berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Kasubdit Informasi BMKG Hary Tirto Jatmiko melalui keterangan tertulisnya, Minggu (1/2/2015).

Bahkan, kata dia, cuaca hujan sepanjang hari ini akan disertai petir atau kilat. Kondisi ini terjadi di sekitar Jakarta.

"(Hujan akan) disertai kilat dan petir pada pukul 09.00 WIB di wilayah Tangerang, Karawaci, Cipete, Pedurenan, Karang Mulya, Kembangan, Rawa buaya, Kalideres, Cengkareng, Bandara Soekarno-hatta," ujar dia.

Selain itu, wilayah lainnya adalah Kedoya, Tambora, Grogol, Petamburan, Pluit, Pademangan, Tjg Priok, Ancol, Mangga besar, Gn. Sahari, Kemayoran, Sunter, Koja, Cilincing, Klp. Gading, Cakung, Bekasi, Penggilingan, Klender, Pulogebang, Duren Sawit, Kalimalang, Cipinang, Tebet, Jatinegara, dan Kampung Melayu.

Wilayah Salemba, Manggarai, Menteng, Thamrin, Sudirman, Semanggi, Kuningan, Setiabudi, Casablangka, Tebet, Cawang, Cililitan, dan Halim juga diwarnai suara petir.

"Ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 12.00 WIB dan meluas ke wilayah Tangerang Selatan, BSD, Ciledug, Bintaro, Ciputat, dan Pamulang," kata Hary.

Kondisi cuaca yang sama akan dialami di wilayah Jakarta Selatan. Seperti  Lebak Bulus, Cilandak, Pejaten, Pancoran, Pasar Minggu, Lenteng agung, dan Jagakarsa serta Ragunan.

"Juga di Depok, Margonda, Cimanggis, Cibubur, Cileugsi, Cibinong, Sawangan, Bogor dan sekitarnya," tutup Hary. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Petir

Video Terkini