Sukses

10 Ribu Rumah di Dompu Terendam Banjir

Banjir tersebut diperkirakan terjadi akibat luapan air yang berasal dari 2 sungai besar.

Liputan6.com, Dompu - Hujan deras yang terus menerus mengguyur Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Sabtu sore mengakibatkan banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 2 meter dan menggenangi ribuan rumah warga.

Banjir tersebut diperkirakan terjadi akibat luapan air yang berasal dari 2 sungai besar yaitu sungai Laju dan sungai Cilo karena tidak kuat menampung debit air sehingga meluap ke perkampungan.

"Ada tiga kecamatan yang terendam yaitu kecamatan Dompu, Kecamatan Woja dan Kecamatan Kempo. Kurang lebih 10 ribu rumah terendam air," ujar Wahyudin salah seorang warga yang juga anggota DPRD setempat, Sabtu (31/1/2015) malam.

Akibatnya, beberapa warga yang rumahnya terendam air mengungsi ke masjid atau ke tempat yang lebih tinggi. Sementara itu ruas jalan menuju ke tiga kecamatan tersebut lumpuh total karena genangan air. Aliran listrik juga dipadamkan untuk sementara waktu dan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, hingga malam ini sekitar 9 rumah dari dua kelurahan rusak parah karena terjangan arus air yang deras.

"Untuk sementara total rumah yang rusak ada sembilan dari dua kelurahan yaitu kelurahan Kotu, dan kelurahan Kalijawa," kata Ridwan, kepala BPBD kabupaten Dompu.

Hingga berita ini diturunkan pihak BPBD belum bisa memastikan ada tidaknya korban akibat banjir ini. Namun kerugian material diperkirakan mencapai miliaran rupiah. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • dompu

Video Terkini